Dalam tutorial ini, kita akan mencoba memanipulasi foto dengan menambahkan efek cahaya dan objek 3D. Untuk tujuan ini, kita akan bereksperimen dengan blending mode layer, menggabungkan stock abstrak 3 dimensi, dan melakukan proses transformasi. Saya juga akan memperlihatkan teknik seleksi mengkombinasikan tool pen dan Channel Alpha.
Di bawah adalah layer yang dihasilkan. Area terang akan menerangkan gambar di bawahnya, begitu juga untuk area gelap. Area abu-abu (50% Grey) tidak akan mempengaruhi gambar.
Model akan memiliki sedikit kilauan ungu di sekelilingnya.
Berikut perbandingan sebelum dan setelah pemberian adjustment layer.
Preview
Sebelum memulai tutorial ini, silakan lihat terlebih dahulu hasil akhir yang akan kita peroleh.Detail Tutorial
- Tingkat Kesulitan: Menengah, Mahir
- Program yang Digunakan: Adobe Photoshop
- Materi Yang Dipelajari: Proses Transformasi, Penggunaan Layer Mask, Eksperimen Blending Mode
- Lama Pengerjaan: 1 jam
Resource yang Dibutuhkan
Untuk mengikuti tutorial ini, silakan ambil terlebih dahulu resource berikut:- Penari dari b-e-c-k-y-stock
- 3D Abstract Renders Vol1 dari WeGraphics
- 3D Abstract Renders Vol2 dari WeGraphics
- Tekstur Beton dari VandelayPremier
- Set Nebula dari kire1987
- Set Objek Abstrak 3D dari eddy-pochy
- Bola Emas dari Stock Exchange
Tutorial
Langkah 1: Menyeleksi Model
Langkah pertama kita adalah memisahkan model dari latarnya. Saya biasanya melakukan proses ini secara manual menggunakan tool pen. Mulai dengan membuat path baru mengelilingi bagian luar model yang akan kita ambil. Bagian badan model sangat mudah diambil menggunakan metode ini, namun helai rambutnya akan sulit. Untuk saat ini lupakan bagian itu, kita akan mengurusnya nanti.Langkah 2
Buat path tambahan untuk melubangi model. Di baris pilihan, pilih mode Subtract.Langkah 3
Tekan Ctrl + Enter untuk mengubah path menjadi seleksi. Di panel Layers, klik ganda Background untuk mengubahnya menjadi seleksi. Tekan Ctrl + Shift + J untuk memindahkan model ke layer baru.Langkah 4: Menyeleksi Rambut
Ambil layer yang masih menyisakan rambut si model. Hapus bagian yang tidak dibutuhkan.Langkah 5
Amati setiap channel. Cari channel dengan kontras rambut dan latar paling tinggi. Dalam kasus ini, ternyata Channel Red pemenangnya. Duplikasi channel Red dengan menggesernya ke atas ikon New Alpha Channel.Langkah 6
Tekan Ctrl + I untuk membalik warna channel. Gunakan tool dodge dan burn untuk meningkatkan kontras Channel.Langkah 7
Area yang tidak dibutuhkan –seperti sisi luar tangan– bisa langsung dibuang dengan cara melukisnya dengan hitam.Langkah 8
Tahan Ctrl lalu klik Channel Red Copy untuk mengubahnya ke seleksi.Aktifkan kembali channel RGB, tekan Ctrl + J untuk memindahkan rambut ke layer baru. Seleksi layer rambut dan si model lalu tekan Ctrl + E untuk menggabungkan keduanya.Langkah 9
Buat layer baru dan simpan di atas model. Ubah layer menjadi Clipping Mask dengan menekan Ctrl + Alt + G. Lukis hitam di bagian-bagian yang kuning karena pengaruh dari latar yang lama.Langkah 10: Dodge dan Burn
Alt-klik ikon New Layer. Aktifkan Use Previous Layer to Create Clipping Mask. Pilih Blend mode: Overlay dan aktifkan Fill with Overlay-neutral color.Langkah 11
Lukis dengan tool burn untuk menggelapkan dan tool dodge untuk menerangkan. Lakukan terus proses ini hingga kontras gambar meningkat. Di bawah Anda bisa melihat perbandingan sebelum dan setelah proses dodge dan burn.Di bawah adalah layer yang dihasilkan. Area terang akan menerangkan gambar di bawahnya, begitu juga untuk area gelap. Area abu-abu (50% Grey) tidak akan mempengaruhi gambar.
Langkah 12: Mempersiapkan Latar
Buat file baru dan isi latar dengan warna abu-abu. Ambil tekstur beton. Lakukan transformasi (Ctrl + T), Ctrl + Shift + Alt-drag pojok bawah untuk menghasilkan perspektif lantai.Langkah 13
Tambahkan lagi tekstur beton untuk dinding.Langkah 15: Manambahkan Model
Ambil model dan simpan di tengah-tengah kanvas. Beri Layer Style Outer Glow dengan warna ungu.Model akan memiliki sedikit kilauan ungu di sekelilingnya.
Langkah 16
Naikkan kontras model dengan memberinya Adjustment Layer Brightness/Contrast. Tekan Ctrl + Alt + G untuk mengubah adjustment layer ke Clipping Mask agar hanya model yang terpengaruh.Langkah 17
Beri Adjustment Layer Hue/Saturation dengan setting seperti di bawah untuk mengubah warna baju ke ungu. Lukis bagian yang lain agar warnanya tidak ikut berubah.Berikut perbandingan sebelum dan setelah pemberian adjustment layer.
Bagus nih tutorialnya, tapi download 3D abstractnya dmna ya?
BalasHapusKirim ke yahoo aja ya mas: boyz_zigs@yahoo.com